Lingkungan pemasaran adalah tempat di mana perusahaan harus memulai usahanya dalam mencari berbagai peluang dan memonitor ancaman-ancamannya. Lingkungan pemasaran terdiri dari semua pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan transaksi secara efektif dengan pasar sasaran. Kita dapat menggolongkan menjadi lingkungan mikro dan lingkungan makro perusahaan.
Lingkungan mikro suatu perusahaan terdiri dari beberapa pelaku dalam lingkungan yang berhubungan dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar pada khususnya yaitu perusahaan itu sendiri, para pemasok, para perantara-pasar, para pelanggan, dan para pesaing, serta masyarakat umum.
Lingkungan makro perusahaan terdiri dari enam kekuatan utama yang berpengaruh terhadap perusahaan : demografis, fisik, tekno¬logis, politik/hukum, dan sosial/budaya. Lingkungan demografis menunjukkan bahwa penduduk Indonesia sekitar 220 juta, 80 % lebih beragama Islam, maka konsumen terbesar di Indonesia beragama Islam. Konsumen yang beragama Islam, pada umumnya sangat sensitif terhadap yang dilarang agama, misalnya makanan yang mengandung babi, maka akan mempunyai masalah di Indonesia.
pemasaran hotel adalah aktivitas yang menggunakan
strategi dan taktik, yang direncanakan sedemikian rupa untuk menyampaikan
cerita tentang pelayanan yang dapat diberikan suatu hotel, dengan memberikan
rangsangan yang bergairah pada tamu untuk mau memilih pesan yang disampaikan
hotel untuk dibandingkan dengan pilihan lain dari hotel pesaing. Menurut
pendapat Agus Sulastiyono (2001 : 262) keberhasilan pemasaran hotel tergantung
dari 2 (dua) faktor, antara lain :
(2). Faktor yang tidak dapat dikendalikan Faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan adalah kejadian-kejadian diluar jangkauan manajer pemasaran. Faktor ini kadang-kadang disebut faktor eksternal, yang paling sedikit terdapat 6 (enam) faktor eksternal, antara lain :
(a) Kompetisi ;
(b) Regulasi dan legalisasi ;
(c) Lingkungan ekonomi ;
(d) Teknologi dan ;
(e) Lingkungan ; dan
(f) Sosial-budaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar